BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sistem informasi pemasaran tidak lain adalah sebuah kegiatan individual maupun badan usaha untuk mempercepat sebuah jaringan atau koneksi dalam lingkungan yang dinamis melalui distribusi informasi untuk mengenalkan sebuah produk dan menentukan harga produk, jasa dan gagasan.
Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi pemasaran merupakan perpaduan dari kebijakan yang berkaitan dengan produk, tempat, promosi, dan harga sebuah produk.
Karena pentingnya sistem informasi pemasaran, sangat diperlukan adanya peningkatan kualitas SDM yang memadai dan kompeten dalam bidang teknologi informasi yang ditunjang dengan peralatan teknologi yang canggih, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan, dan pihak-pihak yang memerlukan informasi dapat menggunakannya dalam manajemen dan pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan kemudahan dalam pelayanan informasi secara hemat dan tepat guna, maka diperlukan adanya sistem informasi pemasaran dengan pengolahan data yang sistematis.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi pemasaran?
2. Apa saja yang termasuk dalam bagian penting system informasi pemasaran
3. Bagaimana strategi pemasaran?
C. Tujuan Penulisan Makalah
1. Mengetahui pengertian sistem informasi pemasaran
2. Mengetahui apa saja yang termasuk dalam bagian penting system informasi pemasaran
3.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian System.
A. Pengertian System.
Menurut Sutabri (2005:8),”System adalah
gabungan beberapa unsur yang erat hubungannya dengan satu sama lain, yang
berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu”, Menurut Jogiyanto
(2005:1).”System adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur tertentu
yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan
atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu “ . Defenisi sistem dari kamus
Webster’s Unabrisged dalam buku Amsyah (2000:27),” System adalah elemen elemen
yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
Dari pendapat para ahli diatas dapat di
simpulkan bahwa system adalah kesatuan dari berbagai elemen penting yang memang
terintegrasi satu sama lain yang berfungsi untuk kemudahan dari suatu tujuan.
B. Pengertian Informasi
Dan System informasi
Menurut Jogiyanto (2005:8),” Informasi diartikan
sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
bagi yang menerimanya”. Data adalah fakta yang dipresentasikan dalam berbagai
bentuk seperti text , sound , grafik atau video.
Agara informasi berguna , informasi harus ditopang
3 pilar :
1. Relavan yaitu
informasi harus relevan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.
2. Akurat yaitu informasi harus dapat
dipercaya dan dimiliki sumber yang valid.
3. Tepat waktu yaitu
informasi tersedia pada saat yang dibutuhkan.
Defenisi dari System informasi menurut
Sutabri (2005:42),” Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam organisasi
yang mempertemukanh kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi
yang bersifat menajerial dengan kegiatan stategis dari suatu organisasi untuk
dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang
diperlukan”.
C. Pengertian System Informasi Pemasaran
“sistem informasi
pemasaran adalah suatu struktur yang terdiri dari prosedur, perlengkapan dan
manusia yang saling berkaitan, berkesinambungan (continuing) dan berorientasi
kemasa depan" (william dan lamarto,1996:54)
Informasi merupakan
sebuah kekuatan yang sangat penting, bahkan saat ini informasi menjadi lebih
penting dari sumber daya lain.
System informasi
pemasaran adalah sebuah system pemasaran dengan menggunakan media komputer yang
bekerja sama dengan system informasi lain untuk mendukung manajemen perusahaan
dalam menyelesaikan berbagai problem yang berhubungan dengan pemasaran produk.
System informasi pemasaran
adalah sebuah system yang mengadakan informasi untuk penjualan, memperkenalkan
penjualan, usaha pemasaran, usaha penelitian pasar dan lain sebagainya yang
berhubungan dengan pemasaran.
dari keterangan yang
ada di atas dapat di simpulkan bahwa, sistem informasi pemasaran adalah sebuah
kegiatan individual maupun badan usaha untuk memudahkan dan mempercepat
hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui
pendistribusian pengenalan produk dan penentuan harga produk, jasa dan gagasan.
System informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah
perusahaan untuk memasarkan berbagai hasil atau produknya. System informasi ini
adalah perpaduan dari kebijakan yang terkait dengan:
a. Produk
b. Tempat
c. pengenalan produk
d. Harga produk
System informasi
pemasaran dapat juga diartikan sebagai suatu susunan yang berkelanjutan dan
saling berhubungan dari orang-orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan,
menganalisa, mengevaluasi dan menyalurkan informasi yang dibutuhkan,
secara on time, dan akurat kepada
pengambil keputusan dalam bidang marketing.
D. Bagian - Bagian Dalam System Informasi
Pemasaran
System informasi
pemasaran mempunyai 4 bagian, yaitu :
1. input
2. model
3. basis data
4. output
1. Input
System informasi pemasaran mengumpulkan
data yang menerangkan proses kegiatan pemasaran perusahaan. bagian system
intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang
berkaitan dengan kegiatan pemasaran. bagian system peneliti pemasaran melakukan
observasi khusus mengenai kegiatan pemasaran.
2. Model
Model digunakan untuk memperoleh
informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna systemnya. Model adalah sebuah
cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di system informasi
pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran
operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan
lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama, penunjukan salesman,
penentuan alur pengiriman yang paling baik.
3. DataBase
Data yang digunakan oleh bagian system
output berasal dari database. Beberapa data dalam database adalah unik bagi
fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.
4. Output
Tiap bagian system output menyediakan
informasi tentang bagian system itu sebagai bagian dari campuran bagian system
produk menyediakan informasi tentang produk. bagian system promosi menyediakan
informasi tentang kegiatan promosi perusahaan dan penjualan langsung. bagian
system harga membackup manajer untuk membuat keputusan harga.
E. Strategi Dalam Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan
kebijakan seputar biaya pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan
kondisi lingkungan yang diharapkan serta kondisi persaingan. Dalam strategi
pemasaran, ada 3 faktor penting yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi
dalam pemasaran yaitu:
1. Daur hidup produk
Strategi harus
disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran
harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin,
menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan
dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan apakah ekonomi berada dalam
situasi makmur atau inflasi tinggi. Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat
dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan
menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan
memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan
mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan
menjaring pelanggan baru.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Setelah menjelaskan
tentang sistem informasi pemasaran dalam makalah di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa sistem informasi pemasaran secara umum, yaitu kegiatan perseorangan dan organisasi yang
memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan
yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga
barang jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh
bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk
perusahaan tersebut. Komponen yang terkait dengan system informasi yaitu:
Komponen input, komponen model, komponen basis data, dan komponen output.
Sedangkan strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang
biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan
keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan
B. Saran
Dalam makalah ini
penulis hanya membahas mengenai pengertian, komponen yang berkaitan dengan
system informasi pemasaran, serta konsep dan strategi system informasi
pemasaran. Diharapkan pada penulis yang akan membahas tentang system informasi
pemasaran yang akan datang akan membahas lebih detil supaya pembaca mendapatkan
informasi yang lebih lengkap, terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar