Selasa, 26 September 2017

Makalah system informasi pendidikan

                                                                      BAB I
                                                            PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
System informasi pemasaran tidak lain adalah sebuah kegiatan individual maupun badan usaha untuk mempercepat sebuah jaringan atau koneksi dalam lingkungan yang dinamis melalui distribusi informasi untuk mengenalkan sebuah produk dan menentukan harga produk, jasa dan gagasan.
System informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi pemasaran merupakan perpaduan dari kebijakan yang berkaitan dengan produk, tempat, promosi, dan harga sebuah produk.
Karena pentingnya sistem informasi pemasaran, sangat diperlukan adanya peningkatan kualitas SDM yang memadai dan kompeten dalam bidang teknologi informasi yang ditunjang dengan peralatan teknologi yang canggih, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan, dan pihak-pihak yang memerlukan informasi dapat menggunakannya dalam manajemen dan pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan kemudahan dalam pelayanan informasi secara hemat dan tepat guna, maka diperlukan adanya sistem informasi pemasaran dengan pengolahan data yang sistematis.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan sistem informasi pemasaran?
2.      Apa saja yang termasuk dalam bagian penting system informasi pemasaran
3.      Bagaimana  strategi pemasaran?
  
C.    Tujuan Penulisan Makalah
1.      Mengetahui pengertian sistem informasi pemasaran
2.      Mengetahui apa saja yang termasuk dalam bagian penting system informasi pemasaran
3.     

                                                                         BAB II
                                                                 PEMBAHASAN

A.    Pengertian System Informasi Pemasaran
Philip Kotler dalam tulisannya menyatakan, System informasi pemasaran, adalah terdiri dari manusia, alat, dan sebuah system untuk mengumpulkan, menganalisa, dan menyalurkan informasi yang dibutuhkan, on time, dan tepat kepada pengambil keputusan bagian marketing
Informasi merupakan sebuah kekuatan yang sangat penting, bahkan saat ini informasi menjadi lebih penting dari sumber daya lain.
System informasi pemasaran adalah sebuah system pemasaran dengan menggunakan media komputer yang bekerja sama dengan system informasi lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan berbagai problem yang berhubungan dengan pemasaran produk.
System informasi pemasaran adalah sebuah system yang mengadakan informasi untuk penjualan, memperkenalkan penjualan, usaha pemasaran, usaha penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran. 
dari keterangan yang ada di atas dapat di simpulkan bahwa, sistem informasi pemasaran adalah sebuah kegiatan individual maupun badan usaha untuk memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui pendistribusian pengenalan produk dan penentuan harga produk, jasa dan gagasan. System informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan berbagai hasil atau produknya. System informasi ini adalah perpaduan dari kebijakan yang terkait dengan:
a.       Produk
b.      Tempat
c.       pengenalan produk
d.      Harga produk 
System informasi pemasaran dapat juga diartikan sebagai suatu susunan yang berkelanjutan dan saling berhubungan dari orang-orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menganalisa, mengevaluasi dan menyalurkan informasi yang dibutuhkan, secara  on time, dan akurat kepada pengambil keputusan dalam bidang marketing.

B.   Bagian - Bagian Dalam System Informasi Pemasaran
System informasi pemasaran mempunyai 4 bagian, yaitu :
1. input
2. model
3. basis data
4. output

1.  Input
       System informasi pemasaran mengumpulkan data yang menerangkan proses kegiatan pemasaran perusahaan. bagian system intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran. bagian system peneliti pemasaran melakukan observasi khusus mengenai kegiatan pemasaran.

2. Model
        Model digunakan untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna systemnya. Model adalah sebuah cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di system informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama, penunjukan salesman, penentuan alur pengiriman yang paling baik.

3. DataBase
       Data yang digunakan oleh bagian system output berasal dari database. Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.

 4. Output
      Tiap bagian system output menyediakan informasi tentang bagian system itu sebagai bagian dari campuran bagian system produk menyediakan informasi tentang produk. bagian system promosi menyediakan informasi tentang kegiatan promosi perusahaan dan penjualan langsung. bagian system harga membackup manajer untuk membuat keputusan harga.

C.    Strategi Dalam Pemasaran
         Strategi pemasaran adalah pengambilan kebijakan seputar biaya pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan kondisi lingkungan yang diharapkan serta kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada 3 faktor penting yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu:

1.      Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.   Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3.      Situasi ekonomi
          Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi. Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1.      Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2.      Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3.      Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4.      Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


                                                                            BAB III
                                                           SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan
Setelah menjelaskan tentang sistem informasi pemasaran dalam makalah di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pemasaran secara umum, yaitu  kegiatan perseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Komponen yang terkait dengan system informasi yaitu: Komponen input, komponen model, komponen basis data, dan komponen output. Sedangkan strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan

B.     Saran
Dalam makalah ini penulis hanya membahas mengenai pengertian, komponen yang berkaitan dengan system informasi pemasaran, serta konsep dan strategi system informasi pemasaran. Diharapkan pada penulis yang akan membahas tentang system informasi pemasaran yang akan datang akan membahas lebih detil supaya pembaca mendapatkan informasi yang lebih lengkap, terimakasih.








                                          DAFTAR PUSTAKA

Basu Swasta DH., dan T. Hani Handoko. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management “Analysis, Planning, Implementation and Control” (9 th ed.). New Jersey: Prentice Hall




0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar